Literasi Tanah Marapu

Literasi Tanah Marapu

Kondisi pendidikan di Indonesia yang masih belum merata menjadikan sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas MbangunDeso untuk turut andil dalam pembangunan dunia pendidikan melalui distribusi buku untuk area 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Program pembentukan taman baca yang dikemas dengan program “Gerakan Literasi” untuk daerah 3T ini dilaksanakan di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tanggal 7 — 12 Juli 2017.

“Tentu saya merasa ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi saya untuk mengajar di daerah 3T. Saya dan adik-adik memiliki kendala awal dalam berbahasa karena tidak semua anak-anak mengerti bahasa Indonesia” terang Suci Wahyuni salah satu relawan MbangunDeso dari Lombok.

Program ini adalah program tahap awal dari gerakan literasi, program ini akan terus berlanjut dengan legalisasi taman baca yang sudah didirikan dan pengiriman buku beserta alat peraga sekolah secara berkala. Harapannya melalui program gerakan literasi ini, pemerataan pendidikan dapat tercapai dan setiap anak Indonesia bisa menikmati pendidikan yang sama (Ikbar Al Asyari).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *